Rabu, 22 Januari 2014

istilah istilah dalam internet

stilah-istilah Dalam Internet - Dalam sebuah jaringan internet pastinya kita akan menemukan berbagai istilah yang mungkin belum kita pahami. Ada baiknya istilah tersebut perlu kita pahami agar tidak kebingungan saat menggunakan internet(online). Mungkin diantara pembaca ada yang belum mengerti apa itu browser, chatting, cache, dan masih banyak lagi berbagai kata asing yang dapat kita temui.

Mungkin banyak orang yang mencari istilah internet dan fungsinya, istilah dan kegunaan atau artinya. dan yang lainnya. Maka dari itu, berikut ini adalah daftar istilah dalam internet yang mungkin bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda yang belum mengerti beberapa istilah yang ada di internet.


Internet

1. Chatting adalah suatu fasilitas dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang on-line. Komunikasi dapat berupa teks atau suara (chatting voice).


2. Browsing adalah menelusur secara langsung buku tertentu pada kumpulan buku-buku yang dijajarkan di rak. Untuk dapat melakukan kegiatan ini dengan tepat dan cepat, pengguna harus memahami terlebih dahulu sistematika penyusunan koleksi perpustakaan



3. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.



4. Download adalah transfer data melalui jalur komunikasi digital dari sistem yang lebih besar atau pu sat (host atau server) ke sistem yang lebih kecil (client). kebalikan dari download adalah upload.



5. Spam merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besarnews group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.



6. Mailing List adalah Fasilitas E-mail Internet ,dimana pemakai dafat mendaftarkan diri ke suatu daftar pengiriman E-mail untuk suatu topik tertentu,sehingga pemakai akan secara otomatis mendapatkan kiriman E-mail setiap anggota Mailing_List Manager,.



7. VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah nama lain internet telephony. Lihat internet telephony.



8. E-coomerce (electronic commerce) adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah Internet dan electronic data interchange (EDI).



9. E-mail (electronic mail) adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local area network (LAN) atau Internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, sekarang dengan e-mail dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.



10.Browser adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, dan Mozilla



11.ASP (Active Server Pages) adalah spesifikasi untuk membuat halaman Web dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.



12. FTP (file transfer protocol) adalah protokol Internet yang digunakan untuk menyalin file antarkomputer.



13. Admin : sama halnya dengan user tetapi memiliki hak yang lebih tinggi, dimana sebagai administrator dari sebuah jaringan komputer (termasuk internet), atau program interaksi seperti chat, dia berhak mengatur kondisi yang ada di jaringan dan program tersebut. Dia berhak untuk menerima dan menolak user-user yang ingin bergabung dengan jaringan dan program tersebut.



14. SEO : Adalah istilah-istilah dalam internet yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah pengoptimalan suatu situs untuk meraih posisi yang bagus di mesin pencari.



15. SERP : Adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang artinya hasil halaman dari mesin pencari, misalnya halaman 1,2,3,4 dan seterusnya.



16. Attachment : adalah fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer. maupun webmail, yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.



17. AVI : adalah jenis format file video yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.



18. B to B e-commerce : Business to Business E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak pemegang business lain baik instansi/lembaga atau perusahaan pula.



19. B to C e-commerce : Business to Costumers E-Commerce adalah perdagangan atau transaksi elektronis yang dilakukan di internet antara pemegang business, baik instansi/lembaga atau perusahaan dengan pihak user atau konsumen pemakai jasa internet.



20. Bandwidth : Ukuran kemampuan suatu jaringan agar dapat mentransfer data dalam sebuah jangkauan tertentu, satuan dari Banwidth adalah Mega Byte per Second (Mbps) atau Kilo Byte per Second (Kbps)



21. Banner : adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.



22. Cache Folder : atau yang disebut Temporay Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah di download dari internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya di tampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.



23. CC : Carbon Copy adalah alamat yang yang dituju untuk mengirim e-mail selain alamat yang dituju utama (TO).


Baca Juga : Sejarah Internet


24. CGI/Perl : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.



25. Chat : adalah istilah-istilah dalam internet yang berperan sebagai sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).



26. Chatting : istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.



27. Client : adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.



28. Cookies : adalah sebuah file kecil yang tersimpan pada cache folder dari sebuah program webbrowser, yang digunakan untuk penandaan data atau profile dari user, jika user tersebut memasuki kembali website yang di kunjungi. Dan juga tidak memerlukan player untuk menjalankannya.



29. Dial-Up : adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.



30. Dial-Up Networking : adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.



31. Domain name : adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.



32. Blog : Adalah situs yang dimiliki oleh seseorang untuk berbagi informasi atau mencari keuntungan. Beda halnya dengan web, blog tidak harus menggunakan Top Level Domain. Contoh penyedia layanan blog terbaik adalah Blogger.

33. Internet Marketing : Adalah istilah-istilah dalam internet untuk kegiatan berbisnis dengan internet, seperti berjualan online, menjalankan berbagai program periklanan demi meraih uang lewat dunia maya.



34. E-mail : atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.

35. E-Commerce : Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates