Selasa, 21 Januari 2014

ABOUT F(X)

ABOUT F(X)

f(x) (play /ˌɛf ˈɛks/; Korean:에프엑스) adalah grup vokal asal Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment. Grup ini beranggotakan lima orang yang terdiri dari Victoria, Luna, Amber, Sulli dan Krystal. Namanya adalah plesetan dari notasi matematika untuk fungsi, dan ketika input dengan berbeda 'x', akan ada hasil yang berbeda. F singkatan flower dan x merupakan kromosom double x betina. f(x) berusaha untuk menjadi jenis kelompok gadis yang dapat mengubah dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Anggota kelompok juga telah dijuluki "function girls". Kelompok ini membuat debut mereka pada tanggal 1 September 2009 dengan merilis digital single "La Cha Ta" (bergaya sebagai "LA cha TA").
Sejarah
Sejarah Pre-debut
Krystal Jung pertama kali ditemukan oleh SM Entertainment pada tahun 2000 dalam sebuah kunjungan keluarga ke Korea, yang meraih gelar peran kecil di sebuah segmen pendek "Wedding March" video musik ShinhwaSulli Choi debut pertamanya sebagai aktris pada tahun 2005 ketika dia dipilih untuk berperan sebagai Princess Sun-hwa di drama televisi SBSThe Ballad of Seo-dong.[1] Pada tahun 2006, SM Entertainment merekrut Luna setelah melihat penampilannya di program televisi SBS, "Truth Game".[2] Victoria Song ditemukan oleh SM Entertainment saat ia mengikuti kompetisi tari Beijing dan kemudian bergabung dengan perusahaan. Dua bulan kemudian, Amber Liu dimasukkan melalui SM's Global Audition di Los Angeles, California, dimana dia adalah satu dari dua orang (satu laki-laki) dipilih untuk menjadi trainee.
2009: Debut, Album pertama dan Kolaborasi
SM pertama merilis preview teaser f(x) melalui YouTube pada tanggal 24 Agustus, memperkenalkan mereka sebagai "Grup Dance Pop Asia." Selama lima hari, individual dirilis informasi melalui portal berita dan diposting gambar masing-masing anggota di website resmi SM Town, dimulai dengan Sulli anggota dari Korea pada tanggal 26 Agustus, anggota dari Taiwan-Amerika Amber pada tanggal 27 Agustus, anggota dari Korea-Amerika Krystal pada 28 Agustus, anggota dari Korea Luna pada 29 Agustus, dan terakhir anggota dari Cina Victoria pada 30 Agustus.
Pada tanggal 1 September singel pertama kelompok "La Cha Ta" (bergaya sebagai "LA cha TA") dirilis secara digital. Setelah penampilan pertama mereka di Samseong-dong Fashion Center pada 2 September, video musik diputar dan dirilis secara online pada hari berikutnya. Pertama siaran langsung "La Cha Ta" diselenggarakan di acara musik MBCShow! Musik Core pada tanggal 5 September.
Pada 7 Oktober, f(x) merilis versi electro-pop dari singel digital "Chocolate Love", bersama dengan labelmate mereka, Girls' Generation.[3] Singel ini dirilis untuk promosi 4th edition Blacklabel series dari LG CYON phone, LG Chocolate (BL40).
Pada 9 November, f(x) merilis album singel pertama mereka, Chu~, terdiri dari 3 lagu.
Pada 19 dan 20 Desember, f(x) menjadi special guest di konser pertama Girls' GenerationThe 1st Asia Tour: Into the New World di Olympic Fencing Gymnasium.
2010: Nu ABO, hiatus Amber, dan SMTown World Tour
Pada 2 Januari, mereka merilis track Cina, "Lollipop", versi cover dari lagu "Lollipop" tahun 1958 dan liriknya ditulis oleh Julius Dixson dan Beverly Ross, mereka berkolaborasi dengan boyband M.I.C untuk mempromosikan hand phone LG Cyon. Video musik dirilis secara digital pada 12 Januari 2010.
Pada 27 dan 28 Februari, mereka menjadi special guest lagi untuk konser Into the New World di Olympic Fencing Gymnasium.
Pada 4 Mei, f(x) merilis EP yang berjudul Nu ABO yang terdiri dari 6 lagu. Singel pemimpin, "Nu ABO", menjadi teratas di chart portal musik Monkey3, Dosirak and Bugs.[4] Lagu ini juga berhasil mencapai Gaon Chart. Video musik dirilis pada 6 Mei. Mereka melakukan comeback di KBS Music Bank pada 7 Mei, MBC Music Core pada 8 Mei, dan SBS Inkigayo pada 9 Mei.[5]
Amber melanjutkan hiatus pada Juni karena cedera pergelangan kaki. Kegiatan kelompok sisa tahun 2010 dilakukan tanpa dia.
Pada tanggal 17 Juli, kelompok ini mulai menampilkan singel berikutnya promosi mereka, "Mr Boogie", dari EP mereka, Nu ABO. Mereka memiliki penampilan pertama mereka untuk lagu pada MBC Music Core.
f(x) berpartisipasi dalam konser SMTown Live '10 World Tour dengan labelmate mereka di Seoul Jamsil Olympic Stadium. Mereka tampil di TokyoShanghaiLos Angeles, dan Paris (2011) dijadwal lain.[6] Ini pertama kalinya f(x) tampil konser diluar Asia.
Pada 24 November 2010, Avex Entertainment, disebut SM Entertainment Jepang, merilis sebuah pernyataan tentang perpanjangan kontrak seniman SM menandatangani kontrak dengan Avex. Ini menyatakan bahwa f(x) kini menandatangani kontrak dengan Avex, dan album yang akan dirilis di bawah label di Jepang, Taiwan, Cina dan Hongkong.
2011: Pinocchio dan Hot Summer
Hal itu disampaikan oleh SM Entertainment yang Amber kembali dari Amerika Serikat setelah cuti panjang sejak Juni 2010 dan bahwa f(x) berencana untuk merilis album studio pada awal tahun.[7]
Teaser foto pertama untuk album studio Pinocchio dirilis pada 7 April 2011 di website resmi f(x). Teaser MV untuk singel "Pinocchio (Danger)" (remake dari "Razor" oleh Kristina Elezaj),[8] Dirilis pada 15 April 2011. Album ini dirilis pada 20 April 2011 dan comeback pertama digelar di acara musik Korean Broadcasting System Music Bank pada 22 April 2011.
Mereka memenangkan 8 penghargaan acara musik untuk acara musik, M! CountdownMusic Bank, dan Inkigayo.
Pada 8 Juni, diumumkan bahwa f(x) akan merilis repackage dari album Pinocchio, yang berjudul Hot Summerpada tanggal 14. Repackage ini berisi 10 lagu dari album sebelumnya dan lagu baru yang berjudul "Hot Summer" (remake dari lagu Monrose yang berjudul "Hot Summer",[8] liriknya ditulis oleh Thomas Troelsen dan Remee), yang juga menulis untuk OST "Paradise Rinch" dan singel digital "Chu~" dan "La Cha Ta".[9]
Pada Agustus 2011, f(x) merilis OST yang disebut "Garagabana" untuk permainan online "Bust-a-Move".[10]
Pada 13 Desember 2011, mereka merilis lagu berbahasa Inggris yang berjudul "1, 2, 3" yang merupakan bagian dar album 2011 Winter SMTown – The Warmest Gift.[11]
2012: Electric Shock dan Debut Jepang
Hal ini dikonfirmasikan bahwa f(x) akan melakukan comeback pada bulan Juni atau Juli. Setelah itu, pada tanggal 5 Juni, SM Entertainment mengonfirmasikan bahwa f(x) akan melakukan merilis EP baru yang berjudul Electric Shock di situs iTunes pada 10 Juni 2012.[12] Pada 5 Juni, SM Entertainment merilis foto teaser Krystal untuk comeback EP.[13]. Di hari selanjutnya, SM Entertainment merilis foto Victoria dan Sulli.[14] Di hari selanjutnya, SM Entertainment merilis cover album dan foto teaser M! Countdown.[15] Pada 8 Juni, SM Entertainment merilis foto teaser Luna dan Amber. Seiring pada hari itu, SM Entertainment merilis teaser video Electric Shock. Pada 10 Juni 2012, f(x) merilis album mini mereka Electric Shock. f(x) mulai melakukan promosi diMnet M! Countdown pada 14 Juni dan juga membawakan lagu "Jet" sebagai bagian dari comeback mereka. f(x) juga melakukan promosi di berbagai acara musik seperti, KBS Music BankSBSInkigayo dan MBC Music Core.
Mereka akan mulai dengan merilis track hits "Hot Summer" pada pertengahan Agustus. Trackk telah dipilih sebagai lagu latar belakang CM untuk Uminoie Resort, memberikan fans di Jepang track lagu pertama yang spunky[16] Pada tanggal 27 Juni 2012, situs resmi Jepang f(x) dibuat.[17] f(x) menyelesaikan prmosi Electric Shock pada tanggal 15 Juli. Dan mulai untuk mempersiapkan debut mereka di Jepang. Perwakilan SM Entertainment mengatakan, “Meskipun kami tidak keluar dengan jadwal yang belum pasti, kami akan mempersiapkan f(x) untuk debut resmi mereka di Jepang pada paruh kedua tahun ini.” Lanjut mereka untuk memastikan penggemar f(x) di Korea, “f(x) akan menghadiri kegiatan Korea sesekali bersama kegiatan Jepang.” Pada 31 Juli, Avex merilis PV pendek untuk versi Jepang dari Hot Summer yang juga merupakan singel debut Jepang f(x).[18] Dan pada 4 Agustus, PV penuhnya dirilis.[19]
Anggota
Nama Panggung
Nama Lahir
Tanggal Lahir
Romanisasi
Hangul
Romanisasi
Hangul/Hanzi
빅토리아
Song Qian
송천/宋茜
2 Februari 1987 (umur 26) [20]
엠버
Amber Josephine Liu
유일운/劉逸雲
18 September 1992 (umur 20) [21]
루나
Park Sun-Young
박선영/朴善怜
12 Agustus 1993 (umur 19) [22]
설리
Choi Jin-Ri
최진리/崔雪莉
29 Maret 1994 (umur 19) [23]
크리스탈
Jung Soo Jung
정수정/鄭秀晶
24 Oktober 1994 (umur 18) [24]
Philanthrophy
Pada 9 Agustus 2009, f(x), Girls' Generation, dan SHINee mengambil bagian dalam upaya untuk membantu anak-anak Afrika. Mereka bergabung dengan United Nations (UN) Secretary-General Ban Kimoon di ‘Help African Children’ proyek bersama yang diselenggarakan oleh Palang Merah Korea dan komite Korea UNICEF.
Kegiatan Lain
OST
Pada akhir tahun 2009, Luna dan Krystal berkontribusi dalam soundtrack drama televisi Invincible Lee Pyung Kang secara duet dengan lagu "Hard but Easy".
Pada awal tahun 2010, Krystal, Luna, dan Amber merekam lagu "Spread Its Wing" untuk soundtrack drama KBS yang berjudul God of Study. Krystal dan Luna berduet untuk OST drama KBSCinderella's Sister yang berjudul "Calling Out".
Pada akhir tahun 2010, Luna merilis singel "Beautiful Day", bagian dari OST drama KBS 'Please Marry Me'. Pada 23 Desember 2010, kolaborasi antara Luna dengan anggota boyband Super JuniorYesung dirilis yang berjudul “And I Love You“, untuk OST kedua drama KBS President.[25]
Pada Agustus 2012, Krystal merilis singel berjudul "Butterfly" yang dinyanyikan bersama saudaranya, Jessica Jung OST drama Korea To the Beautiful You. OST yang akan datang akan dinyanyikan oleh Luna dan Girls' Generation Sunny.[26]
Televisi dan Karir Akting
Krystal tampil dalam sitkom Korea yang berjudul "More Charming By The Day", yang disiarkan pada 22 Maret 2010 sampai 2 November 2010, sitkom ini berisi 138 episode. Tetapi Krystal hanya tampil dalam 60 episode saja.
Pada 2 April 2010, Y-Star memulai acara varietas Hello f(x). Program ini terdiri dari empat episode yang menunjukkan cakupan dekat pada persiapan mereka untuk album mini pertama, Nu ABO.
Pada 2 Oktober 2010, acara varietas kedua mereka, Koala, mulai disiarkan di MBC Every1. Acara ini menampilkan kehidupan latar belakang mereka selama SMTown Live '10 World Tour.
Dari 10 Mei 2010, anggota f(x) mulai muncul di acara varietas secara berkala. Victoria dalam We Got Married untuk menjadi pasangan dengan Nichkhun dari 2PM. Dia juga sebagai anggota biasa dari Invincible Youth, dan muncul di acara itu sampai berakhir pada bulan Desember 2010. Luna muncul di Star King dan menjadi anggota biasa dari pertunjukan. Dia kemudian memenangkan penghargaan "New Star" (신인상) pada tahun 2010 SBS Entertainment Award (2010 연예 대상). Sulli sebagai host dari Inkigayo (인기 가요) bersama dengan Jo Kwon dari 2AM dan Jung Yong Hwa dari CN Blue. Dia hostdengan Jo Kwon, bersama dengan host baru IU dan Lee Gi Kwang.
Pada akhir 2010, Victoria, Sulli dan Krystal menjadi model untuk merk pakaian brendit X Jeans dari Calvin Klein. Video musik untuk lagu "Beautiful Day", dirilis pada Desember 2010 untuk mendukung merk. Kelompok ini juga mendukung merk pakaian lain, K-Swiss, untuk koleksi musim dingin tahun 2010 mereka.[27]
Selain dukungan, Victoria juga menjadi bintang video klip untuk lagu Kangta 爱,频率 ("LoveFrequency"/"Breaka Shaka").
Dari Mei 2011 hingga Agustus 2011, Krystal muncul sebagai kontestan di acara celebrity ice skating Kim Yuna, "Kim Yuna's Kiss and Cry". Setelah konsisten mencetak gol di dekat bagian atas kompetisi, Krystal dan pasangannya Lee Don Hun memenangkan acara dengan kinerja sempurna mereka tentang "Carmen".[28] Krystal dan Lee Don Hun diundang untuk berpartisipasi dalam "Kim Yuna's Ice Show--All That Skate Summer 2011" pada 14 dan 15 Agustus 2011.[29]
Menjelang akhir tahun, anggota f(x) dikejar kegiatan individu. Pada 19 September 2011, MBC menyiarkan episode pertama "High Kick 3", sitkom harian dimana Krystal berperan juga dalam sitkom itu.[30] Pada Oktober, Amber membintangi season kedua dari Invincible Youth.[31] Pada November, Victoria menjadi bintang video klip bersama anggota boyband Super Junior Kyuhyun di video musik TRAX yang berjudul "Blind". Pada Desember, CSTV mulai menyiarkan drama akhir minggu "Saving Mrs. Go Bong Shil", dimana Luna juga ikut berperan sebagai Seo In Young.[32][33]
Pada 31 Desember, Victoria bersama dengan partner di We Got MarriedNichkhun dari 2PM sebagai MC di acara MBC Gayo Dajaejun Festival.[34]
Pada Januari 2012, Victoria mulai membintangi drama Taiwan, When Love Walked In.[35]
Pada 15 Agustus, drama Korea To the Beautiful You mulai disiarkan yang dibintangi SHINee Minho dan Sulli.[36]
Luar Korea
Pada Juni 2010, Amber menjadi rapper dalam Korean dan English artis Mandopop orang Taiwan di track "I'm Back" dalam album ketiganya, The First Second.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates