Selasa, 05 November 2013

Manfaat Mengkonsumsi Sayur Bayam

Sayur bayam mungkin termasuk jenis sayur yang tidak masuk dalam golongan makanan bergengsi. Harganya yang murah meriah mungkin jadi penyebab stigma itu melekat pada sayur ini. Namun sebaiknya Anda selalu menghidangkannya rutin untuk keluarga, sebab dibalik kesederhanaan bayam, melekat manfaat yang sangat banyak bagi mereka yang mengonsumsinya.
Menurut sejarah, sayur bayam berasal dari daerah Persia Kuno dan mulai menyebar ke berbagai negara setelah pada abad ke 7 sayur itu dikirim ke Nepal melewati China.
Bayam yang banyak mengandung vitamin K itu baru sampai ke benua Eropa pada abad ke 11, dan lantas menjadi sayur yang digemari hingga ke seluruh dunia setelah banyak peneliti menemukan manfaat yang dikandung oleh bayam.
Vitamin yang ada dalam bayam selain K ada juga A, C, B2, B6, B1, E. Mineralnya pun lengkap, seperti mangan, folat, magnesium, zat besi, kalsium, potassium, tryptophan, bahkan protein dan omega 3 pun ada dalam bayam.
Begitu bermanfaatnya sayur bayam bagi anak-anak, bahkan film kartun berjudul Popeye yang melegenda itu dibuat khusus agar anak-anak gemar makan bayam. Serius sekali, ya manfaat bayam bagi kesehatan?
Nah, Anda penasaran apa pentingnya konsumsi bayam bagi kesehatan? Ini di antaranya:

  • Mengurangi stres, karena kandungan vitamin B kompleksnya
  • Mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler
  • Menguatkan tulang
  • Menyembuhkan peradangan, termasuk jerawat dan bisul
  • Mengurangi resiko kanker
  • Kesehatan mata, mengurangi resiko katarak dan gangguan lain
  • Menyembuhkan anemia, dan masih banyak manfaat lainnya
Namun hindari konsumsi sayur bayam yang telah dimasak lebih dari 12 jam, sebab zat besi dalam sayur bayam telah bersenyawa dan menjadi racun bagi tubuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates