Selasa, 05 November 2013

ALASAN UTAMA REMAJA MEROKOK

rokok
Maraknya remaja yang menjadi perokok aktif cukup mengkhawatirkan. Studi yang dilakukan University of Montreal School of Public Health menemukan, ada tiga faktor  utama yang melatarbelakangi para remaja memutuskan merokok. Faktor tersebut adalah keinginan untuk mencoba, terbiasa mengonsumsi minuman alkohol, dan mendapatkan nilai buruk di sekoah. Demikian dikutip Huffington Post.
Peneliti mendapatkan kesimpulan setelah memelajari data lebih dari 1.293 remaja di wilayah Montreal yang menjadi bagian dari studi Ketergantungan Nikotin pada Remaja di tahun 1999. Para remaja ini ditindaklanjuti dengan 22 “siklus” dari usia 12,7 tahun sampai rata-rata 24 tahun.
Hasilnya, sekitar 75 persen remaja merokok diawali dari keinginan mencoba-coba. Sekitar 44 persen remaja mulai merokok sebelum mereka masuk sekolah tinggi atau setara SMA. Ada 43 persen remaja yang merokok saat menempuh pendidikan SMA. Dan, sekitar 14 remaja mulai merokok enam tahun usai lulus dari SMA.
Tidak semua dari data tersebut yang memutuskan untuk terus menerus merokok. Hanya saja peneliti mengungkapkan bahwa keinginan mencoba rokok, minum alkohol, dan mendapatkan nilai buruk menjadi pemicu bagi remaja untuk merokok.
Jennifer O’Loughlin, salah seorang peneliti mengatakan bahwa munculnya keinginan merokok pada remaja kemungkinan disebabkan mulai lepasnya kontrol keluarga terhadap mereka. Ketika anak berada di lingkungan keluarganya, maka anak cenderung enggan dan mendapat larangan untuk merokok. Namun kontrol ini  akan renggang seiring mereka beranjak dewasa. Lingkungan di luar keluarga inilah yang memungkinkan remaja penasaran dengan kenikmatan sesaat dari rokok.
Studi ini dipubilkasikan dalan Journal of Adolescent Health.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates