Selasa, 05 November 2013

7 Cara Mencegah Pikun

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyerang kemampuan otak. Penyakit ini akan “menggerogoti” kemampuan mengingat dan berpikir seseorang. Tidak mengherankan bila lantas penderitanya ditemui mengalami kepikunan. Cara berpikirnya juga tidak lagi cemerlang. Kebanyakan penyakit tersebut dialamai oleh orang-orang berusia tua.
Namun, alzheimer sebenarnya bisa dicegah dengan aktivitas tertentu yang senantiasa memerlukan pemanfaatan otak secara intens. Dan, aktivitas ini sebenarnya erat dengan kegiatan harian Anda. Dikutip dari Huffington Post, berikut ini aktivitas yang mampu menghindarkan Anda dari penyakit Alzheimer bila dilakukan secara rutin:

  1. Melakukan pekerjaan rumah tangga harian dan berolahraga. Studi yang pernah dimuat jurnal Neurology menyebutkan, kegiatan memasak, mencuci piring, membersihkan rumah adalah sebuah olahraga klasik yang mampu menurunkan risiko Alzheimer. Orang yang kesehariannya lebih aktif akan merasakan manfaat tersebut. Dibanding orang yang jarang bergerak, orang yang aktif secara fisik setiap hari lebih mungkin mendapati dirinya berkurang risiko terserang alzheimer sampai tiga kali lipatnya.
  2. Bicara dalam dua bahasa. Apapun jenis bahasa tersebut, menguasai dua bahasa dapat memperkuat kekuatan otak dan melindungi Anda dari demensia. Dalam studi yang dimuat jurnal Trends in Cognitive Sciences disebutkan, berbicara dalam dua bahasa pada waktu tertentu akan memaksa otak untuk aktif terus-menerus dan akan menghindarkan seseorang dari konflik mental.
  3. Mengonsumsi curcumin. Curcumin adalah zat yang ada dalam kunyit dan yang masih satu keluarga tanaman dengannya. Dalam studi yang dimuat jurnal PLoS ONE, curcumin mengurangi jumlah oligomer yang menjadi cikal bakal pembentukan plak amiloid di otak. Plak amiloid menjadi penyebab dari penyakit alzheimer.
  4. Bermain puzzle, teka-teki, dan permainan otak lainnya. Permainan yang memerlukan kerja tak secara aktif dapat menangkal penurunan mental menurut studi yang dimuat dalam jurnal BMC Medicine. Sementara itu dalam studi yang dimuat jurnal Archieves of Neurology, membaca seumur hidup dan permainan-permainan dapat menurunkan kadar beta amiloid di dalam otak yang dapat mencetuskan penyakit alzheimer.
  5. Berjalan kaki. Melakukan jalan kaki 6-9 mil dalam seminggu dapat menurunkan risiko kepikunan dan masalah fungsi otak.Demikian menurut studi yang dimuat jurnal Neurology di tahun 2009.
  6. Makan ikan dan kacang. Kedua makanan tersebut kaya dengan asam lemak omega-3 yang mampu merendahkan tingkat beta amiloid dalam otak.Studi dari Columbia University Medical Center menyebutkan, mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi akan menurunkan beta amiloid dalam darah.
  7. Minum teh hijau. Menurut studi dari Universitas Newcastle, teh hijau yang dicerna enzim dalam usus akan menghasilkan bahan kimia untuk memberikan proteksi terhadap pemicu utama alzheimer.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates