Selasa, 05 November 2013

Inilah Kerugian Akibat Terlalu Banyak Tidur

Pernahkah Anda merasa ngantuk terus walau sebenarnya Anda baru bangun tidur? Bisa jadi itu karena Anda terlalu lelah bekerja, sedang tertekan, tegang, atau memang kurang tidur sehingga jam biologis tubuh terganggu.
Seperti juga orang yang sulit tidur atau insomnia, terlalu banyak tidur juga tak baik bagi kesehatan. Apa saja gangguan kesehatan yang dapat disebabkan karena terlalu banyak tidur? Boldsky melansir beberapa di antaranya:

  • Diabetes
Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa orang yang tidur lebih dari kebutuhan normal tubuh cenderung beresiko mengidap diabetes lebih awal dibanding orang yang memiliki pola tidur normal. Kemungkinan itu akan lebih besar lagi bila dalam keluarganya ada riwayat pengidap diabetes.
  • Masalah jantung
Tidur lebih dari 8 jam yang rutin Anda lakukan, akan membuat resiko penyakit jantung meningkat. Ini berdasarkan penelitian tentang hubungan antara orang yang tidur 9-12 jam setiap malam dengan meningkatnya kemungkinan penyakit jantung.
  • Berkurangnya memori
Tidur lebih dari 8-9 jam per malam akan mempengaruhi otak Anda. Ini akan memperlambat fungsi sel-sel otak dan menunjukkan tanda awal hilangnya memori di kala tua.
  • Depresi
Orang yang menderita depresi cenderung memiliki pola tidur yang tak normal. Terlalu banyak atau terlalu sedikit. ini akan memperparah keadaan depresinya, hingga merambat ke masalah fisik lain.
  • Sakit kepala
Terlalu banyak tidur bisa mempengaruhi neurotransmitter di otak yang akan memicu sakit kepala atau pusing.
Selain beberapa gangguan kesehatan di atas, Anda dapat juga mengalami sakit punggung, obesitas, bahkan mempercepat kematian. Nah, masih mau menambah jam tidur lebih dari 8 jam?

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates