Sabtu, 02 November 2013

Pengertian Intranet

Ada internet, ada pula intranet dan ekstranet. Apa itu intranet dan ekstranet?Intranet juga merupakan jaringan komputer. Bedanya, bila internet merupakan jaringan komputer dengan skala global, maka intranet merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang terbatas. Menurut situs Wikipedia (en.wikipedia.org), intranet adalah sebuah jaringan komputer dalam jangkauan terbatas (privat), yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP) untuk membagi informasi internal suatu sistem organisasi kepada anggotanya. Singkatnya, intranet menggunakan sarana komunikasi dan aplikasi seperti internet, namun dalam cakupan yang terbatas.
Pengertian Intranet
Intranet sering diterapkan di kantor, perusahaan, dan lembaga-lembaga. Dengan intranet, perusahaan dapat berbagi informasi untuk karyawannya tanpa perlu khawatir informasi itu bocor. Informasi ini tidak dapat diakses oleh pengguna internet karena tidak tersedia sarana akses ke intranet perusahaan tersebut.
Bagaimana bila perusahaan itu ingin agar karyawannya yang sedang berada di luar negeri, termasuk sales, distributor, dan agen-agen dapat terus mengikuti perkembangan informasi perusahaan? Kadang-kadang jaringan intranet disambungkan ke jaringan internet dengan maksud untuk memberikan informasi perusahaan ke pengguna tertentu yang ada di luar area intranet. Jaringan ini disebut ekstranet. Ekstranet dilengkapi dengan perlindungan yang ketat sehingga hanya pengguna tertentu yang mempunyai hak yang bisa mengakses informasi di dalamnya. Jadi, meskipun ada sambungan fisik antara jaringan internet dan jaringan ekstranet, pengguna internet tidak dapat mengakses informasi dalam ekstranet. Sebaliknya, karyawan yang sedang di luar negeri tetap dapat mengakses informasi internal perusahaan melalui ekstranet.
Intranet dan ekstranet menggunakan sarana komunikasi, aplikasi, peralatan, dan standar yang sama dengan internet. Oleh karena itu, pembahasan selanjutnya dalam buku ini akan dititikberatkan pada internet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates