Kamis, 19 September 2013

World Puppet Carnival, Dekatkan Wayang Pada Generasi Muda

Jakarta - Selain menjadi suvenir untuk wisatawan, wayang selama ini dianggap kolot. Namun melalui Wayang World Puppet Carnival (WPC) 2013, yang akan digelar di Jakarta, seni pewayangan akan mendekatkan diri pada generasi muda.
Rod Petrovic selaku penyelenggara WPC di Indonesia mengatakan acara ini merupakan bentuk kelahiran kembali untuk dunia pewayangan. Pergelaran ini juga bertujuan untuk mendekatkan anak muda pada seni pendalangan.
"Kami berupaya mendekatkan dan mengenalkan wayang sebagai sahabat anak-anak. Di Praha pun, kami mempunyai puppet. Namun pertunjukkan puppet terbaik tetaplah wayang tradisional Indonesia," ujarnya sambil menunjukkan boneka puppet khas Praha, dalam jumpa pers Wayang World Puppet Carnival (WPC) 2013, di Gedung Midplaza II, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Rabu (21/8/2013).
Eko Tjipto selaku Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) juga berpendapat demikian. Menurutnya World Puppet Carnival 2013 ini bisa sebagai salah satu cara mendekatkan wayang ke generasi yang jauh dari wayang.
"Biar tidak ada gep lagi antara anak muda dan seni pendalangan. Beberapa caranya antara lain bisa dengan sosialisasi wayang melalui pendidikan normal, wayang masuk ke dalam gadget, dan semakin memperluas pergelaran wayang," demikian ujarnya.
Sedangkan menurut Hashim Djojohadikusumo, Ketua Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Wayang World Puppet Carnival 2013 bisa menjadi sarana pendidikan bagi anak muda untuk bebas korupsi. Dia prihatin akan minat anak muda Indonesia yang lebih tertarik pada film-film seperti Spiderman dan Transformers dari pada menonton pertunjukkan wayang.
"Kami prihatin anak muda lebih tertarik pada film-film seperti Spiderman dan Transformers. Kami ingin kasih tahu kalau Indonesia punya budaya wayang yang bisa kita banggakan. Sebagai contoh kisah wayang Pandawa melawan Kurawa. Meski Pandawa hanya beranggotakan 5, namun dengan keadilannya mereka bisa melawan kejahatan Kurawa yang jumlahnya banyak. Ini adalah contoh kalau wayang bisa menjadi pendidikan seperti berusaha melawan korupsi," tutupnya.
Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates