Kamis, 19 September 2013

Ingat! Memberi Uang Tip Tidak Dianjurkan di 4 Negara Ini

Agra - Terkadang, turis tak tahu pasti apakah ia harus memberi tip saat traveling. Penduduk di beberapa negara memang seringkali meminta tip. Tapi kalau berkunjung ke 4 negara ini, sebaiknya Anda menyimpan uang itu baik-baik.
Beda daerah, beda lagi budaya tip-nya. Di beberapa negara, memberi tip kepada petugas hotel atau pegawai restoran adalah hal yang biasa dilakukan. Tak jarang pula para pekerja industri pariwisata meminta langsung uang tip kepada traveler.
Tapi di beberapa negara, rupanya memberi uang tip sangat tidak dianjurkan. Dilansir dari News Australia, Rabu (21/8/2013), negara-negara tersebut antara lain Jepang, Korea Selatan, Brazil, dan India.
Jepang misalnya, punya penduduk yang mandiri dan suka bekerja keras. Tak heran mereka tidak suka saat turis memberi uang tip. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja dianggap tidak sopan.
Anda tidak tahu betapa mereka membenci hal itu, karena mereka jarang memperlihatkan atau membicarakannya langsung. Tapi meski begitu, di Jepang diberlakukan service charges di beberapa tempat terutama restoran kelas atas. Resto-resto ala western juga sudah menerapkannya.
Di Korea Selatan, memberi uang tip juga tidak terlalu dianjurkan. Penduduk Negeri Ginseng itu merasa uang tip tidak diperlukan. Sama halnya dengan Brazil, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tip. Kalaupun ingin memberi untuk apresiasi, sopir taksi di Brazil sudah biasa menerima pembayaran ongkos taksi yang nominalnya dibulatkan ke atas.
India memang terkenal oleh penipuan dan kriminalitas yang marak terjadi di kota-kota besar. Tapi siapa sangka, sebenarnya penduduk negara ini tidak terlalu tergiur oleh uang tip. Kali ini dalam artian yang agak lain: banyak dari mereka yang meminta uang terlebih dahulu sebelum Anda memberikan tip.
Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates