Kamis, 19 September 2013

Dipepet Vendor Lokal, Pasar iPad Anjlok di China

Dipepet Vendor Lokal, Pasar iPad Anjlok di China

Beijing - Setelah iPhone kelabakan disaingi vendor lokal di China, kini giliran komputer tablet Apple iPad yang terkena getahnya. Menurut biro riset IDC, penjualan iPad menurun cukup tajam di sana. iPad selama ini dominan sebagai tablet paling laris di China. Namun persaingan yang dihadirkan vendor lokal membuat pangsa pasarnya menurun menjadi 28% di kuartal II 2013 dari yang sebelumnya di kisaran 50%.
iPad memang masih memimpin pasar CHina dengan penjualan 1,5 juta unit selama kuartal II 2013. Akan tetapi di kuartal sebelumnya, mereka masih bisa menjual sampai 3 juta unit iPad.
Berada di tempat kedua adalah Samsung dengan market share 11%. Kemudian Lenovo dengan raihan 8%. Sekitar 46% pasar dikuasai kumpulan merek lokal dengan merek kurang tenar.
"Konsumen makin familiar dengan tablet. Mereka bisa memakai tablet Android Samsung, Lenovo atau produk murah dari vendor kurang dikenal," kata Dickie Chang, analis IDC.
"Beberapa tablet Android itu hanya dijual sejutaan, tapi prosesornya sudah quad core dan punya kamera 5 megapixel," tambahnya yang dikutip detikINET dari PCWorld, Rabu (21/8/2013).
Ada dugaan pula Apple saat ini memang dalam tahap menghabiskan stok sehingga persediaan terbatas dan penjualannya tidak seperti biasanya. Sebab, generasi baru iPad dikabarkan rilis tahun 2013 ini.
(fyk/eno)

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates