Selasa, 04 September 2012


Andres Iniesta, UEFA player of the year

Andres Iniesta Pemain Terbaik Eropa

Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa versi UEFA edisi 2011/12.

Pemain mungil nan lincah itu mengungguli rekan seklubnya sekaligus pemenang tahun lalu, Lionel Messi, dan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan 53 jurnalis olahraga dari setiap negara anggota UEFA.
Voting sendiri dilaksanakan seusai acara pengundian fase grup Liga Champions 2012/13, Kamis (30/8) petang di Grimaldi Forum, Monako, 
Selain membantu The Catalans meraih Copa del Rey musim lalu, Iniesta pun berperan vital mengantar timnas Spanyol mempertahankan gelar di Euro 2012. Pada turnamen yang diselenggarakan di Polandia-Ukraina itu, Don Andres juga terpilih sebagai pemain terbaik.
Anugerah UEFA Best Player in Europe sendiri pertama kali diadakan tahun lalu. Para pemain yang masuk penilaian adalah mereka yang bermain untuk klub di liga-liga anggota UEFA, terlepas dari negara asal sang pemain. Kriteria penilaian didasarkan pada performa pemain di level klub maupun internasional.

Award ini digagas oleh presiden UEFA, Michel Platini, sebagai pengganti Ballon d'Or, yang sejak 2010 dilebur FIFA dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia dan menjadi FIFA Ballon d'Or.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates