Minggu, 09 September 2012

khasiat bengkuang

Khasiat Bengkuang

berhubung mommy gue hari ini beli bengkuang dan ga tau bengkuangnya mau diapain (mungkin nanti dirujak), gue jadi pengen tau khasiat bengkuang itu apa… cari tau yuk…
Bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan terutama di daerah Meksiko.
Pada awal mula ditemukan, suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkuang ini sebagai obat-obatan. Kemudian pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman ini ke daerah Philipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik. Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon, dan sejak saat itulah bengkuang dibudidayakan di seluruh dunia.
Di Indonesia, bengkuang lebih banyak dibudidayakan di Jawa dan Madura. Tempat yang cocok untuk penanaman bengkuang adalah dataran rendah.
Varietas Bengkuang
Terdapat dua varietas tanaman bengkuang, yaitu bengkuang gajah dan bengkuang badur. Pada varietas bengkuang gajah, bengkuang sudah dapat dipanen pada usia tanam empat sampai lima bulan. Sedangkan pada variets badur, bengkuang baru dapat dipanen ketika usia tanamnya berusia tujuh sampai sebelas bulan.
Kandungan dalam bengkuang
Bengkuang yang dalam bahasa latinnya disebut Pachyrhizuserosus (fiuh, susah amat namanya) umbinya mengandung gula, fosfor, pati dan kalsium. Umbi ini memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86 hingga 90%. Rasa manis dari bengkuang berasal dari oligasakorida yang disebut inulin (pati sayuran). Inulin telah digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan seperti es krim, produk susu dan roti.
Dalam usus besar insulin mengalami fementasi oleh mikroflora usus menjadi asam lemak dan laktat dengan hasil samping berupa biomassa bakteri dan gas. Karena sifat yang tidak tercerna ini, inulin cocok dikonsumsi penderita diabetes.
Khasiat Bengkuang
1. Mengobati demam
Demam terjadi karena adanya suatu mekanisme pertahanan tubuh  (respon imun)  terhadap  zat asing (bibit penyakit yang telah  dilemahkan) yang masuk ke dalam tubuh.  Adanya  benda asing  tersebut akan merangsang sistem pertahanan tubuh, sehingga  akan  merangsang aktivitas sel imunitas (sel makrofag dan limfosit  T) untuk memerangi  zat asing  tersebut dengan meningkatkan  proteolisis yang menghasilkan asam amino  yang berperan  untuk  pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh, sehingga  tubuh menjadi  resisten dan kuat menghadapi bibit penyakit. Namun  efek sampingnya  tubuh secara  otomatis akan mengeluarkan  pirogen (zat penyebab demam). Pirogen  selanjutnya  membawa  pesan melalui reseptor dalam hipotalamus, sehingga terjadi  reaksi  penaikan  suhu tubuh dengan cara menyempitkan pembuluh darah  tepi dan  menghambat sekresi  kelanjar keringat. Akibatnya  pengeluaran kalor menurun dan suhu  tubuh jadi meningkat. Bengkuang yang mempunyai sifat kimiawi yang berkhasiat  mendinginkan dapat  digunakan  untuk menurunkan demam. Umbi  bengkuang dapat dimakan secara langsung  maupun  dibuat dalam  bentuk jus yang diminum pagi dan sore.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates