Selasa, 22 Oktober 2013

Kalsium Berlebih Bisa Bikin Ginjal Rusak

kalsium berlebih merusak ginjal
Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang. Karena fungsinya itu, banyak wanita yang takut mengalami osteoporosis hingga mengkonsumsi kalsium dalam bentuk susu tinggi kalsium secara berlebih.
Padahal asupan kalsium yang berlebih pun tak baik bagi tubuh, terutama untuk organ ginjal. Ini seperti dikatakan oleh dr. Nina Kemala Sari SpPD dari RSCM seperti dilansir situs Vemale.

“Kelebihan kalsium tak akan diserap oleh tubuh, melainkan dikeluarkan melalui urin. Ini yang membuat kerja ginjal menjadi berat.”
Ginjal akan menyaring terlebih dahulu kalsium dan berbagai mineral lain yang akan dikeluarkan menjadi urin.
Semakin banyak konsumsi susu tinggi kalsium yang Anda minum, maka kerja ginjal akan semakin berat, sebab tak semua kalsium yang Anda minum itu akan diserap oleh tubuh.
Endapan kalsium dalam ginjal itu yang berbahaya dan dapat memicu terbentuknya batu ginjal.
Cara pencegahannya tentu saja dengan memperbanyak minum air putih, yaitu 8 gelas per hari. Dengan minum air putih, maka ginjal dapat lebih bersih dari pembentukan batu ginjal.
Susu tinggi kalsium yang Anda konsumsi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh akan kalsium dalam sehari. Segelas susu saja sudah cukup untuk memenuhinya, ungkap dr Nina menutup penjelasan

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates