Kamis, 03 Oktober 2013

7 Fakta Rafflesia Patma
  • 7 Fakta Rafflesia Patma
    7 Fakta Rafflesia Patma
Bunga Rafflesia patma tentu sudah terkenal. Nah, ada 7 fakta tentang bunga langka ini.
Rafflesia patma
Rafflesia patma berhasil ditanam di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat
1. Rafflesia patma adalah satu dari 30 jenis bunga Rafflesia yang ada di dunia. Dari jumlah itu, 15 jenis ada di Indonesia.
2. Nama Rafflesia diambil dari nama Thomas Stamford Raffles. Ahli botani dari Inggris ini pernah menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia-Belanda pada tahun 1811-1816.
3. Menurut Penelitian, habitat asli bunga Rafflesia ada di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah dan Cagar Alam Leuweung Sancang, Garut, Jawa Barat.
4. Rafflesia patma adalah jenis tanaman parasit yang tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Satu-satunya bagian yang disebut tanaman adalah jaringan yang tumbuh pada tanaman inang merambat yaitu Tetrastigma.
5. Jangan salah, ya. Rafflesia patma tidak sama dengan bunga raksasa Rafflesia arnoldi. Diameter bunga Rafflesia patma sekitar 25 sampai 30 sentimeter. Bunga ini punya lubang seperti mulut gentong dan memiliki lima daun mahkota. Di dasar bunga terdapat sebentuk duri yang berisi benang sari atau putik. Bunga ini berbau busuk dan hanya mekar 5 sampai 7 hari, setelah itu layu dan mati.
6. Rafflesia patma menjadi tanaman langka karena proses pertumbuhannya sangat perlahan dan kadang-kadang mencapai 2 tahun untuk berbunga.
7. Rafflesia patma pertama ditemukan tahun 1825 di Pulau Nusakambangan, Jawa Barat. Tahun 1929, tumbuhan ini berhasil ditanam di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates