Sabtu, 19 Oktober 2013

Di Bukit Siguntang Palembang Ditemukan Stupa, yang Mirip Candi Borobudur

Bila benar stupa yang ditemukan di Bukit Siguntang berupa candi, bisa jadi Palembang akan menorehkan catatan baru sejarah candi di Indonesia. Para arkeolog menduga jika pada masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang terdapat candi yang bentuknya serupa Candi Borobudur

Namun, dugaan itu disertai catatan, jika stupa di puncak Bukit Siguntang setelah digali berukuran besar, diperkirakan bahwa bangunan di kawasan tersebut berukuran besar mirip Candi Borobudur. Sementara, bila stupa itu kecil, bangunan itu diperkirakan dengan Candi Plaosan, Yogyakarta.

"Kalau merujuk pada bangunan candi agama Budha, seperti Borobudur dan Plaosan, lihat dulu puncak Siguntangnya. Kalau di sana bangunan candi, maka penggambaran tempat bukit ini dulunya seperti candi Plaosan, Yogyakarta. Tapi kalau di puncaknya stupa, ya seperti candi Borobudur. Di sini kan pusat peribadatan pada masa kerjaan Sriwijaya," ujar ketua Tim Pendokumentasian Situs-Situs Arkeolog Palembang, Retno Purwanti, seperti dilansir TribunNews (13/9/13).  

Bukit Siguntang menyimpan stupa yang mirip sekali dengan Candi Borobudur
Perkiraan ini didasarkan pada temuan yang digali dari reruntuhan batubata di Bukit Siguntang tahun 1980-an. Dan, reruntuhan ini sudah dipastikan oleh pihak Retno merupakan bangunan stupa. Meski sudah memperkirakan, namun dia dan timnya belum berani memastikan bangunan apa yang ada di dalam puncak Bukit Siguntang berupa candi atau stupa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates