Senin, 26 Agustus 2013

ciri pohon mangga

ciri-ciri pohon mangga
Buah mangga atau biasa juga dikenal dengan nama buah mapelam merupakan komoditas unggulan di Asia. Buah tropis yang satu ini juga cukup populer dan melimpah di Indonesia. Anda pasti pernah menrasakan segar dan manisnya daging buah mangga ini. Tapi, pernahkah Anda melihat langsung bagaimana rupa pohon mangga si penghasil buah nan nikmat tersebut? Bagi warga perkotaan utamanya generasi muda, boleh jadi seumur hidupnya belum pernah melihat langsung bagaimana tampilan pohon mangga. Berbeda dengan mereka yang tumbuh dan besar di kota kecil. Biasanya di setiap pekarangan warga terdapat pohon mangga. Hal tersebut tentu jarang dijumpai di kota besar macam Jakarta. Jika Anda belum mengetahui bagaimana rupa pohon mangga, berikut kami urai segala sesuatu tentangnya termasuk ciri-ciri pohon mangga tersebut.

Sembelum membedah ciri-ciri pohon mangga, penting untuk memahami klasifikasi tanaman mangga dalam sistem taksonomi agar lebih mudah mengurainya dari segi ilmu biologi. Berikut klasifikasi buah mangga:

  • Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan: Plantae
  • Filum: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Sapindales
  • Famili: Anacardiaceae
  • Genus: Mangifera
  • Spesies: M. indica
  • Nama binomial: Mangifera indica
Berdasarkan klasifikasi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa buah mangga merupakan jenis tanaman atau tumbuhan tingkat tinggi yang artinya bahwa salah satu ciri-ciri pohonnya adalah struktur batang atau habitusnya masuk ke dalam kelompok arboreus. Apa artinya? Artinya, batang pohon buah mangga merupakan batang berkayu dengan ketinggian batang yang lebih di atas 5 meter dan mampu mecapai angka maksilam 40 meter. Ciri –ciri pohon mangga lainnya adalah bentuknya yang cenderung tegak dengan cabang-cabang yang kuat. Adapun diameter batang utama bisa mencapai ukuran 10 meter. Kulit batang pohon mangga ini memiliki tektur yang kasar serta cukup tebal. Warna batangnya biasanya coklat keabuan hingga hampir berwarna hitam. Akar pohon mangga adalah tunggang dengan ukuran panjang mencapai 6 meter ke bawah tanah.



Ciri-ciri pohon mangga lainnya bisa dilihat dari struktur dan bentuk daunnya. Pada dasarnya ada beragam bentuk daun mangga. Namun secara umum daun tersebut merupakan jenis daun tunggal dengan letak yang tersebar di seluruh cabang pohon. Panjang tangkai daun cukup bervariasi antara 1,25 cm sampai 12, 5 cm. Pada bagian pangkal cenderung membesar dan di bagian sisi atas terdapat alur.Adapun variasi daun mangga yang ada, antara lain:
  1. Daun yang lonjong dengan ujung layaknya mata tombak.
  2. Daun dengan bentuk bulat telur dengan ujung yang tajam seperti mata tombak.
  3. Daun dengan betuk seperti segi-empat dengan ujung daun yang cenderung runcing.
  4. Daun dengan bentuk segi empat dengan ujung daun yang cenderung bulat dan tumpul.
Daun pada pohon mangga memiliki warna yang cenderung hijau kemerahan saat muda dan saat tua, daun tersebut akan berwarna hijau tua dengan permukaan ata mengkilat dan permukaan bawah cenderung berwarna lebih muda. Daun pada pohon mangga umumnya memiliki usia 1 tahun atau bahkan lebih.

Adapun bagian bunga pohon mangga digolongkan ke dalam kelompok bunga majemuk dan berumah satu atau monoecious. Bunga ini berkarang dalam malai dengan jumlah cabang yang banyak utamanya pada ujung ranting. Bunga majemuk tersebut memiliki sumbu utama dengan banyak cabang-cabang. Setiap cabang ini mempunyai subcabang lainnya. Secara umum, bunga pada mangga memiliki tangkai yang pendek. Bunga ini memiliki warna yang sedikit pucat kekuningan. Bakal buah mangga mucul dari bunga ini. Demikian ciri-ciri pohon mangga yang mencakup batang, akar, daun, bunga dan buahnya. Semoga membantu ya!

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates