Rabu, 29 Agustus 2012

Baterai

Coba kalian amati mainan ataupun jam dinding yang ada di rumah kalian. Apakah menggunakan baterai?? Kehidupan manusia sehari-hari kini tidak terlepas dari baterai. Hampir semua peralatan elektronik mengandalkan baterai sebagai sumber energi. Sebut saja misalnya, telepon selular, radio, mainan, lampu senter, komputer, laptop, dan sebagainya.

Baterai terdiri dari tiga komponen penting, yaitu:
  1. batang karbon sebagai anoda (kutub positif baterai)
  2. seng (Zn) sebagai katoda (kutub negatif baterai)
  3. pasta sebagai elektrolit (penghantar)
Baterai yang beredar di pasaran saat ini sangat beragam dan terus berkembang, baik bentuk maupun fungsinya. Dalam hubungannya dengan produk elektronik, baterai yang banyak digunakan adalah jenis baterai rumah tangga. Baterai ini terutama digunakan untuk menggerakkan peralatan kecil seperti lampu senter, radio, komputer laptop, mainan, ponsel, dan portable lainnya.

Umumnya, baterai rumah tangga berukuran kecil dan mudah dibeli secara eceran. Baterai ini akan menghasilkan listrik 1,5 V dan banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga berukuran kecil, misalnya lampu senter atau radio mini. Dari segi bentuknya, baterai ada yang berbentuk tabung atau kotak.

Baterai juga dapat dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. baterai Primer yaitu baterai yang hanya digunakan satu kali, dan setelah habis tidak dapat diisi ulang. Contoh baterai ini adalah baterai jam tangan
  2. baterai Sakunder yaitu baterai yang bisa digunakan berkali kali dengan mengisi kembali muatannya, apabila telah habis energinya setelah dipakai. Contohnya seperti yang biasa terdapat pada telepon genggam.
Bagaimana sih sebenarnya cara kerja baterai itu? Baterai terdiri dari beberapa sel listrik, dan sel listrik tersebut menjadi penyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Sel baterai terdiri dari elektroda – elektroda. Elektroda negatif disebut katoda, yang berfungsi sebagai pemberi elektron. Elektroda positif disebut anoda yang berfungsi sebagai penerima elektron. Antara anoda dan katoda akan mengalir arus yaitu dari kutub positif (anoda) ke kutub negatif (katoda). Sedangkan elektron akan mengalir dari ktoda menuju anoda.

Pada dasarnya cara pemakaian baterai sangat sederhana, semudah meletakkan baterai pada tempatnya dalam peralatan elektronik. Kemudian, alat-alat elektronik yang sudah di pakaikan baterai akan bekerja seperti sebagaimana fungsinya. Coba deh kalian amati, benda elektronik apa saja kah di rumah kalian yang menggunakan baterai? Coba kalian cek, apakah masih berfungsi?? Jika tidak, berarti kalian harus mengganti baterainya dengan yang baru…

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates