Kamis, 19 September 2013

Sentosa Island (Singapura)

Sentosa01Pulau Sentosa ini adalah Dunia Fantasi-nya Singapura. Letaknya di sebuah pulau kecil, untuk mencapai kesana ada beberapa cara, yang pertama adalah naik cable car (kalau di Ancol namanya Gondola). Tarifnya untuk sekali jalan adalah $9.9 untuk dewasa dan $4.5 untuk anak2, sedangkan untuk pulang-pergi tarifnya adalah $10.9 untuk dewasa dan $5.5 untuk anak2. Semua harga yang saya sebutkan adalah harga per Juni 2007. Cable car ini akan melintasi selat kecil, cukup menegangkan, tapi sangat indah pemandangan dari atas cable car. Anda bisa melihat kapal-kapal besar yang sedang berlabuh, karena letak cable car ini di Harbour Front Center, pelabuhan Singapura. Anda dapat membeli paket2 ke Sentosa berikut cable car ini, yang harganya lebih murah dibandingkan membeli satu persatu wahana yang akan Anda kunjungi. Cara kedua adalah dengan menggunakan Sentosa express, yaitu seperti MRT tapi ukuran kecil dari mal baru yang bernama VIVO city. Cara ini lebih murah dibandingkan dengan cable car yaitu sebesar $3 untuk dewasa maupun anak, kebanyakan warga Singapura menggunakan cara ini untuk ke Sentosa. Cara ketiga adalah melintasi dari jalan darat yaitu menggunakan bus Sentosa, tarifnya sama $3 untuk dewasa maupun anak2. Cara keempat menggunakan mobil pribadi, Anda perlu membayar sebesar $2 per orang dan $2 untuk parkir mobil, hal sama jika menggunakan taksi, dikenakan $2 per orang, sepertinya sih taksi tdk dikenakan biaya tambahan utk parkir.

Di pulau ini Anda akan mendapati beberapa wahana seperti :
Sentosa - Fort Siloso 1. Fort Siloso :Tiket masuk $8 untuk dewasa, dan $5 untuk anak2. Tempat ini adalah bekas benteng pertahanan Inggris saat pecah perang dunia ke-2. Di dalamnya terdapat lukisan, foto dan patung-patung lilin yang menggambarkan suasana perang saat itu. Ruang-ruang terawat baik, petunjuk2 & penjelasan terpampang dan sangat informatif, bahkan ada diputar film2 dokumenter. Disini terdapat pancuran air minum sejuk yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan dahaga karena udara di lokasi biasanya cukup panas.
2. Pantai : Di Sentosa terdapat beberapa pantai di lokasi yang berbeda yaitu Palawan, Siloso dan Tanjong. Banyak anak2 muda yang bermain di pantai ini, apalagi kalau sedang diadakan acara2 seperti di malam Tahun Baru, pantai ini akan ramai sekali. Menurut saya pantai ini sangat kecil dan terkesan buatan (tidak alami) dibandingkan dengan pantai Ancol, tapi sangat bersih dan terawat.
Sentosa - Merlion3. Merlion Walk : Tiket masuk $8 untuk dewasa dan $5 untuk anak2. Ini adalah bangunan berbentuk patung raksasa lambang negara Singapura, yaitu Merlion yang artinya Mermaid dan Lion, atau macan yang berbuntut ikan duyung. Di dalamnya, kita mendapati suasana di dalam laut, setelah itu kita akan menyaksikan pemutaran film legenda Singapura, asal usul nama Singapura dsb. Lalu Anda akan naik lift menuju ke atas, ke mulut maupun ke atas kepala dari Merlion ini. Dari atas Anda dapat melihat keindahan Sentosa dan juga Singapura. Lalu setelah turun Anda diminta memasukkan koin -yang sebelumnya diberikan petugas di pintu masuk- ke dalam mulut beberapa patung merlion kecil, dan Anda akan mendapatkan souvenir sesuai keberuntungan Anda. Lalu sebelum keluar, Anda akan melewati toko yang menjual souvenir, pakaian, boneka yang mempromosikan tempat wisata Sentosa.
Sentosa - Sky Tower4. Sky Tower : Tiket masuk $12 untuk dewasa dan $6 untuk anak2. Dari sebuah ruangan kaca panoramic, kita akan dibawa naik ke atas menara secara berputar perlahan. Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan dari ketinggian 131 m.
5. Waterworld : Tiket masuk $19.90 untuk dewasa dan $ 12.70 untuk anak2, termasuk tiket masuk Dolphin Lagoon. Wahana ini kurang lebih sama seperti Sea World di Ancol, kita dapat melihat kehidupan di bawah laut dari sebuah akuarium raksasa. Tp kalau dibandingkan harganya lebih mahal dari SEA World ya.. Kalau mau menantang, ada paket berenang bersama ikan hiu lho, harganya $95 / orang (sdh termasuk tiket waterworld & dolphin lagoon)
6. Dolphin Lagoon : Tiket masuknya include di tiket masuk Waterworld. Di sini kita dapat melihat atraksi lumba2 (kira2 sama dengan Sinema 4D nya Ancol yang termasuk pertunjukkan atraksi binatang2). Tersedia pula paket berenang bersama lumba seharga $150/orang (sdh termasuk tiket waterworld & dolphin lagoon).
7. Butterfly Park & Insect Kingdom: Tiket masuk $10 untuk dewasa dan $6 untuk anak2. Di sini Anda dapat menemukan kira2 1500 kupu2 hidup dari 50 species dan sekitar 3,000 species serangga. (Saya sih tdk mengunjungi tempat ini, lihat serangga aja koq bayar mahal :D )
Sentosa - Skyride8. Luge & Skyride : Tiket masuk $ 9 untuk dewasa dan anak2. Anda akan menuruni bukit yang berkelok-kelok dengan menggunakan kendaraan seperti mobil (lebih tepat seperti gokart), tanpa mesin. Sebelumnya Anda akan menaiki lift seperti pemain ski untuk menuju ke atas bukit.Sentosa - Luge
9. Images of Singapore: Tiket masuk $10 untuk dewasa, dan $7 untuk anak2. Semacam museum sejarah Singapura.Cukup mahal dibanding harga tiket masuk museum di Indonesia :D
10. Pertunjukan laser. Waktu pertama kali saya ke Sentosa, pertunjukkan ini gratis, atraksi yang sangat memukau. Perpaduan antara music, gerak & tari, air mancur dan sinar laser. Tetapi terakhir saya kesana, ternyata atraksi dibuat lebih canggih dan menarik dengan nama Songs of the sea, tapi sayangnya sekarang harus mengeluarkan biaya tambahan, yaitu sebesar $6 untuk dewasa maupun anak2.
11. Flying trapeze: Tiket $7 untuk satu kali ayun. Ingin merasakan menjadi pemain sirkus melayang di tali dengan cara aman? Silahkan mainkan permainan ini.
Selama Anda di pulau Sentosa ini, Anda dapat menggunakan shuttle bus ataupun monorail yang tersedia secara gratis, jadi tidak membuat kaki Anda terlalu pegal. Tapi ingat jika Anda membeli tiket cable car, pastikan Anda tidak tertinggal jadwal terakhir cable car.
Secara umum, menurut saya Taman Impian Jaya Ancol memiliki potensi yang jauh lebih bagus daripada Sentosa, tapi kita masih perlu belajar banyak dari Singapura untuk memelihara dan mengembangkan industri pariwisatanya. Dan rasanya belum lengkap kalau Anda ke Singapura namun tidak mengunjungi Sentosa ini.
Salam Jalan Jajan Hemat..

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates