Rabu, 18 September 2013

Ribuan 'Roda' Tampak dari Angkasa Arab



Fenomena yang tampak dari angkasa ini juga ada di jazirah Arab, bahkan lebih banyak.

Roda-roda yang tampak dari angkasa Arab (Live Science/ David Boyer)
Fenomena geolif atau gambar bumi yang tampak dari angkasa ternyata bukan hanya milik Nazca Lines di Peru. Para peneliti menemukan fenomena serupa di jazirah Arab, membentang dari Arab Saudi sampai Suriah.

Berkat teknologi pemetaan satelit dan program fotografi aerial di Yordania, para peneliti menemukan ribuan gambar berbentuk roda. Roda-roda ini memiliki desain yang berbeda, namun memiliki satu kesamaan, yakni lingkaran yang memusat ke tengah. Ukurannya bervariasi, dari lebar 25 meter sampai 70 meter. Para peneliti yakin gambar ini setidaknya telah berusia 2.000 tahun.

"Di Yordania sendiri, kami menemukan struktur seperti batu yang lebih banyak daripada Nazca Lines, jauh lebih luas terbentang dan jauh lebih tua," kata Profesor Sejarah Klasik dan Kuno Universitas Australia Barat, David Kennedy, sebagaimana dilansir Live Science.

Riset Kennedy ini akan dipublikasikan di Jurnal Ilmu Arkeologi berikutnya. Studi ini mengungkapkan sejumlah keragaman desain 'roda' yang berfungsi mulai sebagai saluran air, penguburan sampai sekadar dinding misterius.

Apa fungsinya?

Sejauh ini, belum satu pun dari roda ini diekskavasi, yang membuat cara mengetahui tanggal pembuatan dan tujuan pembuatan sulit diketahui. Para arkeolog yang mempelajarinya sebelum ada aplikasi Google Earth berspekulasi bahwa ini bisa jadi reruntuhan rumah atau kuburan. Namun Kennedy menyatakan, tak satu pun penjelasan yang cocok.

Beberapa roda ditemukan terisolasi sendirian, namun ada yang terkelompok bersama. Di satu lokasi, dekat Oase Azraq, ratusan roda ditemukan bersama-sama.

Di Arab Saudi, tim Kennedy menemukan roda yang memiliki gaya agak berbeda: beberapa tak beraturan dan sama sekali bukan seperti roda. Ada juga roda yang memiliki tugu di tengahnya.

Amelia Sparavigna, Profesor Fisika dari Politeknik Turin, Italia, menyatakan kepada Live Science bahwa struktur di Arab ini jelas geolif. Fungsi geolif di Arab ini, kata perempuan peneliti itu, mungkin sama dengan yang ditemukan di gurun Nazca yang umumnya sebagai tempat sembahyang atau ritual terkait astronomi.

Namun demikian, Kennedy menyatakan roda-roda ini masih merupakan misteri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates