Manfaat mempelajari sejarah adalah:
1.Kegunaan edukatif
kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah.
belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yangdialaminya sendiri,
melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari
sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik
kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.
smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan.
dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan
coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang.
manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua
kalinya.
2.Kegunaan inspiratif
kegunaan sejarah yang kedua adalah sebagai inspiratif. berbagai kisah
sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya.
belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya
organisasi perjuangan yangmodern di awal abad ke-20, masyarakat
Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2.
Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha
merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia
ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita
mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak
hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa
yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk itu, bangsa indonesia harus
giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa
indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat
ikut serta menjaga ketertiban dunia.
3.Kegunaan rekreatif
kegunaan sejaraha yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif.
kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar.
melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur.
gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa
mampu “menghipnotis” pembaca. pembaca akan merasa nyaman membaca
tulisan dari seajarawan. konsekuensi rasa senang dan daya taraik
penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.
membaaca menjadi media hiburan dan rekreatif. membaca telah menjadi
ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu
kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif.
pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa
senang layaknya membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa
lampau. disini peran sejarawan dapat menjadi pemandu (guide). orang
yang ingin melihat situasi suatu daerah di masa lampau dapat
membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.
0 komentar:
Posting Komentar